Pencegahan DM Sesuai Dengan Jenisnya

Sudahkah anda mengetahui bahwa pencegahan DM tersebut tidak sama tiap jenisnya? Penyakit diabetes melitus memang memiliki banyak sekali jenis. Ternyata, setiap jenis penyakit diabetes melitus juga berbeda obat sakit gula darah dan cara mencegahnya.

Apakah anda ingin mengetahui bagaimana mencegah penyakit diabetes melitus sesuai dengan jenisnya masing-masing? Untuk anda yang ingin mengetahui pencegahan DM sesuai dengan tipenya maka anda bisa membaca informasi tersebut di sini.

Pencegahan DM Sesuai Dengan Tipenya

Tentunya anda sudah mengetahui bahwa penyakit diabetes melitus adalah penyakit yang sangat berbahaya dan dibagi menjadi beberapa tipe.

Penyakit ini dibagi menurut penyebab utamanya. Oleh karena penyakit DM dibagi menjadi beberapa tipe, maka cara mencegah penyakit inipun berbeda-beda.

Berikut merupakan beberapa pencegahan DM yang tepat sesuai dengan tipenya:

 

  • Penyakit diabetes melitus tipe 1

Penyakit diabetes melitus tipe 1 adalah jenis penyakit diabetes melitus yang cukup banyak merenggut nyawa. Semua itu dikarenakan penyakit ini muncul disebabkan kerusakan organ pankreas.

Memang bisa dikatakan penyakit diabetes melitus tipe ini tidak mudah untuk diatasi. Oleh sebab itu, lebih baik mencegahnya daripada mengatasinya.

Untuk mencegah penyakit ini biasanya bisa dilakukan dengan mendapatkan vaksin khusus untuk mencegah virus yang menyerang organ pankreas. Selain itu pencegahan juga bisa dilakukan dengan menjaga kadar gula darah secara ketat.

  • Penyakit diabetes melitus tipe 2

Diabetes melitus tipe 2 adalah penyakit diabetes melitus yang paling banyak diderita saat ini. Penyakit ini muncul karena adanya masalah penumpukan lemak yang menutupi reseptor hormon insulin.

Sebenarnya penyakit diabetes melitus jenis ini masih bisa diatasi dengan sangat mudah. Adapun pencegahan DM tipe ini adalah dengan mengontrol pola makan dan juga giat melakukan olahraga.

Dengan mengontrol pola makan dan juga melakukan olahraga secara rutin maka andapun bisa mencegah agar tubuh tidak mengalami masalah obesitas atau kelebihan berat badan.

  • Penyakit diabetes gestasi

Penyakit diabetes melitus juga bisa menyerang wanita yang sedang hamil. Semua itu dikarenakan kadar gula dalam darah akan meningkat pada saat seorang wanita dalam kondisi hamil.

Namun memang kebanyakan penyakit diabetes melitus tipe ini bisa dilenyapkan setelah masa persalinan.

Akan tetapi, anda masih bisa mencegah agar penyakit ini tidak muncul. Untuk mencegahnya anda bisa melakukan cek kadar gula darah secara rutin mulai minggu ke 8 sampai minggu ke 10 masa kehamilan.

  • Penyakit diabetes melitus pada lansia

Penyakit diabetes melitus juga sering sekali diderita oleh lansia. Semua itu disebabkan karena penurunan fungsi organ di dalam tubuh.

Untuk mencegah menderita penyakit diabetes melitus ini anda perlu melakukan olahraga dan juga menjaga pola makan. Karena dengan melakukan olahraga dan juga mengontrol pola makan dapat membantu menjaga agar kadar gula di dalam darah tetap stabil.

Selama anda bisa melakukan pencegahan DM sesuai dengan jenisnya masing-masing maka resiko anda untuk menderita penyakit berbahaya ini bisa semakin diperkecil.

Leave A Comment...

*