Apakah Ada Cara Mencegah Diabetes Melitus yang Efektif?

Apakah ada cara mencegah diabetes melitus yang benar-benar efektif? Meskipun memang semakin banyak orang yang menderita penyakit diabetes melitus, namun sebenarnya masih ada cara untuk bisa terhindar dari penyakit tersebut.

Tentunya banyak dari anda yang sangat ingin mengetahui mengenai bagaimana cara mencegah penyakit diabetes melitus. Untuk anda yang sangat ingin terhindar dari penyakit tersebut, anda bisa membaca mengenai berbagai macam cara mencegah penyakit diabetes melitus menurut jenisnya di artikel ini.

Mencegah Diabetes Melitus Tipe 1

Diabetes melitus tipe 1 memang merupakan jenis penyakit diabetes yang terjadi disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Namun demikian, bukan berarti orang yang memiliki silsilah keluarga penderita DM tidak bisa mencegah penyakit DM tersebut.

Faktanya, penyakit diabetes melitus tipe 1 sebenarnya adalah jenis penyakit DM yang paling sedikit diderita saat ini. Dari seluruh penderita diabetes melitus, penderita DM tipe 1 hanyalah 10% saja.

Lalu bagaimana cara mencegah diabetes melitus tipe 1 tersebut? Berikut adalah beberapa cara mencegah penyakit diabetes melitus tipe 1 yang efektif:

  • Lakukan pengobatan intensif.

Bila memang anda memiliki silsilah keluarga penderita diabetes melitus, maka sebaiknya anda lebih rutin menjaga kadar gula darah sekaligus sering melakukan cek kadar gula darah.

Menjaga kadar gula darah tetap stabil dan rutin melakukan cek kadar gula darah merupakan cara mencegah diabetes melitus tipe 1 yang paling efektif.

  • Melakukan tes DNA pada anak-anak

Di beberapa negara maju yang penduduknya beresiko tinggi menderita penyakit diabetes melitus melakukan tes DNA pada anak-anak untuk mengetahui apakah mereka memiliki resiko tinggi untuk menderita penyakit DM khususnya tipe 1.

Jika memang mereka berpotensi menderita penyakit DM tipe 1, maka salah satu cara mencegah diabetes melitus tersebut adalah dengan memberikan obat herbal penurun gula darah tinggi atau dengan vaksinasi virus yang dapat menyerang pankreas. Selain itu, ada beberapa kasus khusus yang mengharuskan penggunaan obat nicotinamide. Obat tersebut memiliki fungsi untuk melindungi sel beta pankreas. Selain nicotinamide, obat cytotoxic juga diberikan untuk menghambat proses otoimun.

Mencegah Diabetes Melitus Tipe 2

Penyakit diabetes melitus tipe 2 jauh lebih mudah dicegah jika dibandingkan dengan diabetes melitus tipe 1. Karena sebenarnya penyakit tersebut muncul karena penggunaan pola hidup yang kurang sehat saja.

Untuk anda yang tidak ingin menderita penyakit diabetes melitus tipe 2, sebaiknya mulailah lakukan beberapa cara mencegah penyakit diabetes melitus tipe 2 berikut ini secara disiplin:

  • Mulailah mengurangi berat badan anda jika memang anda memiliki berat badan berlebih.
  • Atur pola makan dengan memilih makanan yang sehat dan bebas dari lemak maupun pemanis berbahaya.
  • Lakukan olahraga secara rutin.
  • Usahakan untuk tidur tidak kurang dari 6 jam dalam sehari.
  • Hindari berbagai macam kebiasaan buruk seperti merokok dan juga minum minuman yang mengandung alkohol.
  • Kurangi tingkat stress karena stress juga salah satu penyebab ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh.

Mencegah Diabetes Melitus Gestasional

Wanita yang menderita penyakit diabetes melitus gestasional saat hamil sangat beresiko menderita penyakit diabetes melitus tipe 2 di kemudian hari. Oleh sebab itu, sebaiknya sebisa mungkin anda mencegah penyakit DM gestasional tersebut.

Lalu bagaimana cara mencegah penyakit diabetes melitus gestasional tersebut? Caranya adalah dengan melakukan cek kadar gula darah secara berkala ketika usia kandungan 8 hingga 10 minggu.

Mengontrol kadar gula darah saat hamil adalah satu-satunya cara mencegah diabetes melitus gestasional yang paling efektif.

Mencegah Diabetes Melitus Pada Lansia

Lansia juga sangat berpotensi menderita penyakit diabetes melitus. Namun masih ada cara mencegah diabetes melitus menyerang lansia. Berikut adalah beberapa cara mencegah penyakit diabetes melitus pada lansia:

  • Melakukan cek kadar gula darah secara berkala.
  • Berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi tentang pola makan yang sehat.
  • Rutin melakukan olahraga.

Selain melakukan pencegah penyakit diabetes melitus, sebaiknya lansia juga mulai melakukan pencegah berbagai penyakit lainnya terutama penyakit yang muncul akibat faktor penurunan fungsi organ di dalam tubuh.

Leave A Comment...

*