Berapa Batas Kadar Gula Darah Normal Untuk Mencegah Penyakit Diabetes?

Sudahkah anda mengetahui berapa tepatnya batas kadar gula darah normal tersebut? Jika anda ingin mencegah kemunculan penyakit diabetes melitus maka anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai batasan kadar gula darah normal.

Karena dengan tidak mengetahui berapa batas kadar gula normal maka akan cukup sulit mengetahui apakah anda beresiko menderita diabetes melitus atau tidak. Batas kadar gula darah normal setelah berpuasa selama kurang lebih 8 jam biasanya berada pada angka 70 sampai 110 mg/dl.

Sedangkan setelah mendapatkan glukosa dari makanan biasanya angka kadar gula darah meningkat sampai 200 mg/dl.

Akan tetapi anda juga perlu waspada karena terkadang kadar gula darah bisa meningkat secara drastis tanpa anda sadari. Banyak sekali penyebab kadar gula darah meningkat secara drastis.

Jika anda ingin mengetahui apa penyebab kadar gula darah bisa meningkat secara drastis maka anda bisa menemukan jawabannya di sini.

Mengapa Kadar Gula Darah Bisa Meningkat Melebihi Batas Kadar Gula Darah Normal?

Kadar gula darah bisa saja meningkat sewaktu-waktu tanpa anda ketahui. Karena ada banyak sekali hal yang bisa mempengaruhi peningkatan kadar gula darah.

Inilah beberapa hal yang bisa membuat kadar gula darah anda meningkat melebihi batas kadar gula darah normal:

  • Pola makan yang tidak sehat

Jika selama ini anda sering sekali memakan makanan yang banyak mengandung glukosa maupun karbohidrat maka anda perlu berhati-hati. Karena makanan yang terlalu banyak mengandung glukosa dan karbohidrat bisa meningkatkan kadar gula darah.

Waspadai hal ini karena jika anda membiarkannya berlarut-larut maka anda bisa saja menderita penyakit diabetes melitus tipe 2.

  • Tidak melakukan olahraga

Kebanyakan orang saat ini jarang sekali melakukan olahraga. Padahal hal tersebut bisa membuat kadar gula darah meningkat.

Tubuh yang jarang melakukan olahraga akan memiliki tumpukan lemak di dalamnya. Padahal tumpukan lemak dapat menghambat kinerja hormon insulin dalam menyalurkan glukosa.

Bila hal ini diteruskan maka anda bisa menderita penyakit diabetes melitus tipe 2. Semua itu dikarenakan glukosa menumpuk di dalam darah.

  • Meminum obat-obatan tertentu

Terkadang kadar gula darah bisa meningkat secara drastis juga dikarenakan efek negatif dari beberapa obat-obatan medis.

Oleh sebab itu sebelum anda meminum obat tradisional untuk mengobati penyakit gula dan obat-obatan medis pastikan terlebih dahulu bahwa obat tersebut tidak membuat kadar gula di dalam darah meningkat dengan menanyakannya langsung pada dokter.

Mengapa Menjaga Kadar Gula Darah Dalam Batasan Normal Sangat Penting?

Setelah anda mengetahui berapa batas kadar gula darah normal maka anda perlu menjaga agar kadar gula darah anda tidak melebihi batasan tersebut.

Menjaga kadar gula darah di level normal sangat penting karena hal tersebut bisa mencegah atau minimal mengurangi resiko anda untuk menderita penyakit diabetes melitus.

Karena penyakit diabetes melitus bukanlah penyakit yang mudah untuk diatasi maka lebih baik untuk mencegah kemunculan penyakit ini.

Leave A Comment...

*