Fakta: Ternyata Ciri Ciri Penyakit Diabetes Melitus Tidak Selalu Muncul

Selama ini kita selalu berpatokan pada ciri ciri penyakit diabetes melitus untuk memastikan apakah benar seseorang sudah menderita penyakit DM atau belum. Namun ternyata, tidak selamanya penderita penyakit diabetes melitus akan merasakan beberapa gejala yang menjadi ciri penyakit diabetes melitus tersebut.

Memang hal ini membuat kita semakin sulit untuk mengetahui apakah kita sudah menderita penyakit diabetes melitus akan tetapi masih ada obat herbal untuk penurun gula darah dan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Sebelum membahas mengenai apa solusi terbaru untuk mencegah agar jangan sampai kita menderita penyakit diabetes melitus, kita tetap perlu mengetahui apa saja ciri ciri penyakit diabetes melitus tersebut.

Berbagai Macam Gejala yang Menjadi Ciri Ciri Penyakit Diabetes Melitus

Meskipun memang sudah mulai banyak penderita diabetes melitus yang sama sekali tidak merasakan gejala apapun. Namun waspada dengan beberapa macam gejala yang menjadi ciri ciri penyakit diabetes melitus masih perlu dilakukan.

Penyakit diabetes melitus biasanya menunjukkan beberapa macam gejala. Namun gejala-gejala tersebut dibagi kembali menjadi 2 macam yaitu hiperglikemia dan juga hipoglikemia. Hiperglikemia adalah gejala yang sering dirasakan oleh orang yang memiliki kadar gula darah tinggi. Sedangkan hipoglikemia adalah gejala yang sering dirasakan oleh orang yang memiliki kadar gula darah rendah.

Inilah beberapa gejala hiperglikemia yang masih perlu anda waspadai kemunculannya:

  • Sering buang air kecil
  • Sering merasa haus
  • Pandangan menjadi kabur
  • Berat badan menurun secara drastis dan tidak diketahui sebabnya secara pasti
  • Terjadi masalah gatal-gatal dan infeksi pada kulit

Itulah beberapa gejala hiperglikemia yang sering sekali dirasakan oleh penderita penyakit diabetes melitus. Namun jangan menanggap bahwa hiperglikemia adalah masalah yang paling berbahaya. Karena hipoglikemia juga tidak kalah berbahayanya. Maka dari itu, anda juga wajib mewaspadai kemunculan gejala hipoglikemia tersebut.

Berikut adalah beberapa gejala yang sering dialami ketika seseorang mengalami hipoglikemia:

  • Sering merasa lapar
  • Sering gemetar dan juga berkeringat
  • Sering cemas
  • Kesadaran sering berkurang secara tiba-tiba

Melihat dari semua gejala yang menjadi ciri ciri penyakit diabetes melitus tersebut, tentunya anda sudah mengetahui betapa berbahayanya semua gejala tersebut sehingga tidak layak untuk diremehkan.

Lalu bagaimana cara untuk mencegah penyakit diabetes melitus jika semua ciri ciri penyakit diabetes melitus tersebut tidak muncul? Cara lain untuk mencegah penyakit diabetes melitus adalah dengan mengurangi sebisa mungkin beberapa faktor yang dapat memicu penyakit tersebut. Apa saja faktor pemicu penyakit diabetes melitus tersebut? Baca selengkapnya di sini.

Faktor yang Dapat Memicu Penyakit Diabetes Melitus

Bagi anda yang tidak ingin menderita penyakit diabetes melitus, pastikan untuk mengurangi sebanyak mungkin faktor-faktor berikut ini:

  • Umur

Faktor pertama yang dapat memicu munculnya penyakit diabetes melitus adalah faktor usia atau umur. Semakin tua seseorang maka akan semakin berisiko menjadi penderita penyakit diabetes melitus.

Untuk mencegahnya, kami sarankan anda untuk mulai rajin berolahraga dan mulai menjalankan pola hidup sehat sekarang juga. Jangan tunda sampai anda benar-benar sudah tua karena semuanya akan terlambat jika anda memulai ketika sudah benar-benar tua.

  • Penyakit hipertensi dan kolesterol

Seseorang yang menderita penyakit hipertensi atau penyakit kolesterol juga sangat berisiko menderita penyakit diabetes melitus.

Karena penyakit hipertensi dan kolesterol akan menghambat penyebaran glukosa ke semua sel di dalam tubuh.

  • Berat badan

Untuk anda yang memiliki masalah kelebihan berat badan juga perlu berhati-hati. Karena hal tersebut juga menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan anda menderita penyakit diabetes melitus.

Mulai dari sekarang, selain waspada dengan kemunculan gejala yang menjadi ciri ciri penyakit diabetes melitus, andapun perlu memperhatikan beberapa faktor pendukung penyakit diabetes melitus tersebut.

Leave A Comment...

*