Apakah Obesitas Termasuk Dalam Faktor Resiko Diabetes?

Apakah benar obesitas termasuk dalam salah satu faktor resiko diabetes? Banyak sekali orang bertanya-tanya tentang kebenarannya. Karena memang saat ini mulai banyak orang yang mengalami obesitas menjadi penderita penyakit diabetes melitus. Dari hasil penelitian, memang benar obesitas adalah salah satu faktor yang meningkatkan kemungkinan seseorang menderita penyakit diabetes melitus.

Memiliki tubuh yang gemuk bukan lagi pertanda kemakmuran saat ini. Sebaliknya, anda akan rentan terhadap berbagai macam jenis penyakit terutama penyakit diabetes melitus.

Masih penasaran mengapa obesitas bisa menjadi salah satu faktor resiko diabetes? Jika anda ingin mengetahuinya lebih jelas lagi, anda bisa membacanya di sini.

Apa Alasan Obesitas Menjadi Faktor Resiko Diabetes Melitus

Memang masih banyak orang yang belum memahami bahwa obesitas memang adalah salah satu faktor resiko diabetes melitus. Mengapa obesitas bisa menjadi pemicu penyakit diabetes melitus? Alasannya adalah karena obesitas akan membuat munculnya masalah insulin resistance atau kebal insulin di dalam tubuh anda.

Selain itu, obesitas juga membuat kinerja insulin terhambat. Sehingga glukosa tidak dapat disalurkan ke seluruh sel di dalam tubuh dengan maksimal. Karena tidak dapat disalurkan secara maksimal, akhirnya glukosa menumpuk di dalam darah.

Orang-orang yang memiliki masalah obesitas ini biasanya rentan menderita penyakit diabetes melitus tipe 2. Karena hasil survei menunjukkan bahwa 80%-90% penderita penyakit diabetes melitus tipe 2 juga memiliki masalah obesitas.

Masalah Lain Bagi Mereka yang Memiliki Masalah Obesitas

Obesitas tidak hanya menjadi salah satu faktor resiko diabetes melitus. Ada lebih banyak masalah yang akan dialami oleh mereka yang tidak segera mengurangi berat badannya. Selain beresiko menderita penyakit diabetes melitus, orang-orang yang memiliki masalah obesitas juga dapat mengalami gangguan pemecahan lemak. Hal tersebut akan menyebabkan otot di dalam tubuh tidak bisa menggunakan asam lemak yang beredar di dalam tubuh.

Karena asam lemak sulit digunakan, maka lama kelamaan akan terjadi penumpukan lemak di dalam tubuh. Taukah anda apa yang akan terjadi jika ada penumpukan lemak dan juga gula darah di dalam tubuh anda? Gabungan penumpukan lemak dan glukosa di dalam darah tersebut akan memicu penyakit jantung, stroke, dan masalah pembuluh darah.

Karena itulah, mulai dari sekarang sebaiknya anda sebisa mungkin mulai menjaga agar jangan sampai memiliki masalah obesitas. Jika anda saat ini sudah mengalami masalah tersebut, maka kami sarankan anda untuk mulai rajin berolahraga dan mulai mengontrol pola makan anda. Anda bisa melakukan diet.

Namun kami sarankan anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi sebelum memulai melakukan diet / cara menurunkan kadar gula darah dengan cepat. Semua itu untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Kedisiplinan anda hari ini dalam menjaga kesehatan akan anda nikmati hasilnya ketika anda berusia lanjut nantinya.

Leave A Comment...

*