Kapan Seorang Penderita Diabetes Biasa Dianjurkan Untuk Mendapatkan Suntik Insulin?

Cara menurunkan kadar gula darah dengan suntik insulin tidak hanya digunakan untuk mengatasi penyakit diabetes melitus tipe 1 saja. Suntikan insulin juga terkadang digunakan untuk mengatasi penyakit diabetes melitus selain tipe 1. Ada beberapa kondisi khusus yang dialami oleh penderita diabetes melitus yang harus ditangani dengan menggunakan suntik insulin.

Oleh sebab itu, anda yang saat ini menderita penyakit diabetes melitus jangan kaget ketika dokter menyarankan anda untuk melakukan suntik insulin meskipun anda bukan penderita diabetes melitus tipe 1.

Apakah anda ingin mempelajari mengenai apa saja kondisi khusus yang biasanya membuat dokter menyarankan penderita DM untuk mendapatkan suntikan insulin tersebut?

Untuk anda yang ingin mengetahuinya, anda bisa membacanya lebih lanjut di sini.

5 Kondisi Khusus Pada Penderita Diabetes Melitus yang Perlu Ditangani Dengan Suntik Insulin

Ada setidaknya 5 macam kondisi khusus penderita diabetes melitus yang perlu ditangani dengan suntik insulin selain penyakit diabetes melitus tipe 1. Berikut adalah 5 macam kondisi khusus tersebut:

  • Penyakit diabetes melitus yang diderita oleh anak-anak.

Anak-anak yang menderita penyakit diabetes melitus biasanya akan disarankan untuk melakukan suntik insulin. Karena memang pada umumnya, penyebab anak-anak dapat menderita penyakit diabetes melitus adalah karena kurangnya hormon insulin di dalam tubuh.

Namun masalah tersebut bukanlah masalah permanen. Biasanya jika memang penyakit diatasi dengan benar, maka penyakit diabetes melitus pada anak akan lenyap seiring dengan bertambahnya umur.

  • Penderita penyakit diabetes melitus yang bertubuh sangat kurus dan kekurangan gizi.

Dokter juga biasanya menyarankan penderita diabetes melitus yang memiliki tubuh kurus dan kekurangan gizi untuk mendapatkan suntikan insulin. Karena penderita DM yang memiliki tubuh yang terlalu kurus dan kekurangan gizi akan mengalami kekurangan hormon insulin.

  • Penderita diabetes melitus yang memiliki faktor untuk mengalami ketoasidosis.

Ketoasidosis adalah pertanda sel-sel di dalam otot sudah tidak dapat mengolah glukosa menjadi energi. Biasanya kondisi ini dialami oleh penderita DM tipe 1. Namun saat ini bukan hanya penderita DM tipe 1 saja yang dapat mengalami masalah ini.

Untuk mencegah berbagai macam masalah baru, maka biasanya penderita DM yang memiliki potensi mengalami kondisi ketoasidosis tersebut disarankan untuk mendapatkan suntikan insulin.

  • Penderita DM yang sedang dalam kondisi darurat.

Penderita diabetes melitus yang sedang dalam kondisi darurat juga biasanya disarankan untuk mendapatkan suntikan insulin. Beberapa kondisi darurat tersebut adalah seperti pembedahan, demam tinggi, koma akibat diabetes, dan kehamilan.

  • Penderita DM yang tidak berhasil mengendalikan kadar gula darah.

Jika penderita DM sudah mencoba melakukan diet, minum obat-obatan, dan juga olahraga namun kadar gula darah masih belum dapat dikontrol, maka biasanya dokter menyarankan untuk mendapatkan suntikan insulin.

Oleh sebab itu, jika suatu saat anda disarankan untuk mulai mendapatkan suntik insulin oleh dokter, anda jangan merasa kaget meskipun anda bukanlah penderita DM tipe 1. Karena memang suntik insulin bukan hanya digunakan untuk mengatasi penyakit DM tipe 1 saja.

Leave A Comment...

*