Berapa Durasi Olah Raga Penderita Diabetes yang Disarankan?

Memang benar bahwa olah raga penderita diabetes dapat membantu mengurangi keganasan dari penyakit diabetes melitus. Namun dalam melakukan aktivitas olahraga / cara Menormalkan Kadar Gula Darah tersebut, penderita diabetes melitus juga tidak bisa sembarangan. Ketahuilah bahwa penderita diabetes melitus yang terlalu memaksakan diri untuk melakukan olahraga bisa mengalami kondisi hipoglikemia.

Hipoglikemia adalah kondisi dimana kadar glukosa di dalam darah menurun sangat drastis. Kondisi tersebut juga sama berbahayanya dengan kadar glukosa yang terlalu tinggi. Karena jika dibiarkan, penderita diabetes bisa saja mengalami koma.

Oleh sebab itu, dalam melakukan aktivitas olah raga penderita diabetes disarankan untuk tidak memaksakan diri. Lalu untuk amannya, berapa lama seorang penderita diabetes melitus bisa melakukan aktivitas olahraga tersebut?

Jika anda ingin mengetahui seberapa lama sebaiknya penderita DM berolahraga,

maka Anda bisa mempelajarinya di sini.

Durasi Olah Raga Penderita Diabetes Untuk Mencegah Munculnya Hipoglikemia

Jika anda adalah penderita diabetes melitus, maka sebaiknya anda mulai rutin dan disiplin melakukan olahraga. Namun demikian, pastikan untuk tidak terlalu memaksakan diri anda setiap kali melakukan olahraga.

Penderita diabetes melitus sebaiknya melakukan olahraga secara rutin sebanyak 3 hingga 5 kali dalam seminggu. Namun khusus untuk penderita diabetes melitus tipe 2 dan yang memiliki masalah kelebihan berat badan, anda wajib melakukan olahraga setiap hari.

Olah raga penderita diabetes bisa dilakukan selama 30 menit hingga 60 menit. Namun jika anda baru memulai melakukan olahraga, maka anda bisa memulai melakukannya selama 10 menit terlebih dahulu. Setelah terbiasa, anda bisa meningkatkan durasinya.

Lalu bagaimana jika anda memang benar-benar tidak memiliki waktu luang untuk melakukan olahraga? Untuk mengatasi masalah keterbatasan waktu, anda bisa membagi waktu melakukan olahraga tersebut menjadi 3.

Sebagai contohnya, di pagi hari anda melakukan olahraga selama 10 menit, kemudian siang hari anda juga kembali melakukan olahraga selama 10 menit, dan akhirnya, di malam hari anda juga kembali melakukan olahraga selama 10 menit.

Dengan cara seperti itu, maka dalam satu hari, anda sudah melakukan olah raga penderita diabetes selama 30 menit. Bukankah sudah tidak ada lagi alasan untuk tidak memulai melakukan olahraga bagi anda yang menderita penyakit diabetes melitus?

Persiapan Penderita DM Sebelum Melakukan Aktivitas Olahraga

Sebelum memulai melakukan aktivitas olah raga penderita diabetes, sebaiknya anda melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu.

Apa saja persiapan yang perlu dilakukan oleh penderita diabetes melitus sebelum memulai olahraga? Berikut adalah beberapa persiapan penting tersebut:

  • Makan sebelum melakukan olahraga

Sebelum anda melakukan olahraga, pastikan untuk makan terlebih dahulu. Mulailah berolahraga setelah 1 jam setelah anda selesai makan.

  • Pemanasan dan pendinginan

Sebelum anda berolahraga, sebaiknya lakukan pemanasan. Hal tersebut akan mengurangi resiko anda untuk mengalami cedera otot. setelah selesai berolahraga, sebaiknya anda juga melakukan pendinginan tubuh.

Pastikan untuk tidak melakukan olah raga penderita diabetes secara berlebihan. Lakukan olahraga sesuai dengan kemampuan anda jika tidak ingin mengalami masalah yang lebih besar.

Leave A Comment...

*