Seperti Apakah Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes?

Makanan sehat untuk penderita diabetes sudah terbukti membantu mencegah dan juga mengurangi berbagai macam permasalahan yang muncul akibat penyakit DM. Oleh sebab itu, semua orang yang menderita penyakit diabetes melitus memang disarankan untuk mencari cara menurunkan kadar gula darah yang tinggi dan mulai mengganti pola makannya.

Namun demikian, masih ada cukup banyak penderita diabetes melitus yang masih belum mulai mengganti pola makannya. Beberapa dari mereka memutuskan untuk menunda mengganti pola makan karena masih meremehkan manfaat dari pola makan sehat bagi penderita diabetes melitus.

Sebagian besar belum mulai merubah pola makan karena mereka belum mengetahui dengan jelas seperti apa makanan sehat untuk penderita diabetes melitus tersebut.

Baik anda yang belum beralih ke pola makan sehat karena belum mengetahuinya atau anda yang masih meremehkan manfaatnya, anda sebaiknya membaca artikel ini lebih lanjut.

Karena di artikel ini anda akan mendapatkan informasi mengenai seperti apa menu makanan sehat untuk penderita diabetes melitus yang benar sekaligus apa saja manfaatnya bagi orang yang menderita penyakit DM.

Bagaimana Mengatur Pola Makan Bagi Penderita Diabetes Melitus?

Untuk orang yang menderita penyakit diabetes melitus memang wajib mengetahui bagaimana cara mengatur pola makannya. Karena dengan mengatur pola makan, penderita penyakit diabetes melitus bisa mengurangi kemunculan berbagai macam masalah.

Penderita diabetes melitus memang diwajibkan untuk lebih banyak memakan sayuran dan juga buah-buahan. Namun demikian, tidak setiap sayuran dan juga buah-buahan boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.

Ada beberapa jenis sayuran dan juga buah-buahan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.

Selain itu, penderita diabetes melitus juga disarankan untuk makan berkali-kali dalam sehari. Namun demikian, porsi makanan penderita diabetes melitus harus dikurangi.

Dalam satu hari, penderita diabetes melitus disarankan untuk makan 3 kali sebagai makanan utama dan 3 kali sebagai makanan tambahan.

Meskipun menderita penyakit diabetes melitus, anda tetap diperbolehkan untuk menikmati cemilan. Selama ini banyak orang menganggap bahwa penderita diabetes melitus dilarang menikmati cemilan. Hal tersebut tidaklah benar.

Namun demikian, cemilan yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus juga harus benar-benar diperhatikan. Sebaiknya pilihlah cemilan yang menyehatkan seperti buah-buahan.

10 Macam Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Sebenarnya menu makanan sehat untuk penderita diabetes sangatlah beragam dan juga tidak kalah lezatnya dengan berbagai macam makanan yang dilarang dikonsumsi oleh penderita DM.

Oleh sebab itu, sebenarnya sangat tidak benar jika seseorang yang menderita penyakit diabetes melitus akan tersiksa seumur hidup ketika mulai mengatur pola makannya.

Anda masih belum percaya bahwa sebenarnya menu makanan sehat untuk penderita diabetes melitus cukup nikmat? Cek 10 macam makanan yang boleh dan disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus berikut ini:

  • Selai kacang

Beberapa penderita diabetes melitus mungkin terkejut ketika mengetahui bahwa selai kacang masuk sebagai salah satu jenis makanan yang bisa mereka konsumsi. Selai kacang memang dapat memberikan banyak sekali manfaat karena di dalamnya terdapat kandungan serat yang cukup banyak.

Namun meskipun demikian, pemilihan selai kacang dan juga pembatasan konsumsinya juga tetap perlu dilakukan. Karena meskipun bermanfaat, kandungan kalori yang ada di dalam selai kacang cukup tinggi.

Jika anda menderita penyakit DM, pilihlah selai kacang yang tidak mengandung gula. Karena selai kacang tersebut sangat aman anda konsumsi.

  • Coklat hitam

Siapa bilang penderita diabetes melitus tidak boleh menikmati coklat? Orang yang menderita penyakit diabetes melitus masih bisa menikmati coklat. Namun coklat yang disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita DM adalah coklat hitam.

Karena coklat hitam merupakan jenis coklat yang memiliki kandungan gula paling sedikit. Selain itu, coklat hitam juga memiliki kandungan flavonoid.

Kandungan flavonoid sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar kolesterol LDL dan juga HDL di dalam tubuh.

  • Salmon

Penderita penyakit DM tetap harus mencukupi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh. namun demikian, anda harus benar-benar cermat dalam memilih jenis makanan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh anda.

Salah satu kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh adalah protein. Untuk penderita diabetes melitus disarankan memakan salmon untuk mendapatkan sumber protein tinggi dan aman.

Selain memiliki protein yang tinggi, salmon juga termasuk sebagai makanan yang mengandung lemak tak jenuh yang sangat baik bagi tubuh.

Di dalam salmon juga terdapat omega 3 yang dapat membantu mencerdaskan otak dan juga menjaga kesehatan tubuh anda.

  • Tuna

Hampir sama dengan salmon, tuna juga merupakan makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita DM. Selain tidak memiliki kandungan lemak jahat, tuna juga sangat bermanfaat karena memiliki kandungan omega 3.

Kandungan omega 3 yang ada di dalam tuna dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan juga meningkatkan kepekaan sel dalam menerima insulin.

  • Susu

Meminum susu memang sudah dibuktikan dapat memberikan banyak sekali manfaat. Susu memiliki kandungan vitamin D yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan juga kekuatan tulang di dalam tubuh.

Selain itu, ternyata vitamin D juga berperan dalam menurunkan resiko seorang wanita untuk menderita penyakit diabetes melitus sebesar 33%.

  • Kacang polong

Kacang polong adalah makanan yang paling cocok dikonsumsi orang yang menderita penyakit diabetes dan juga sekaligus mengalami masalah kelebihan berat badan.

Karena kacang polong terbukti kaya akan serat dan juga kalsium. Kandungan serat yang ada di dalam kacang polong dapat membantu menjaga kestabilan gula darah sedangkan kalsiumnya dapat membantu menurunkan berat badan.

  • Biji rami

Biji rami dinyatakan baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus karena memang memiliki beberapa kandungan bermanfaat.

Selain kaya akan serat, biji rami juga kaya akan ALA atau (Alpha Linolenic Acid). ALA dapat membantu menjaga kestabilan glukosa di dalam darah sekaligus mengurangi resiko munculnya penyakit jantung.

  • Oats

Oats adalah menu makanan yang cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus di pagi hari. Selain praktis, oats juga merupakan menu makanan sehat untuk penderita diabetes melitus yang dapat menjaga kestabilan glukosa di dalam darah sekaligus mencegah menderita penyakit jantung maupun penyakit kardiovaskuler lainya.

  • Kenari

Kenari memang memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Namun meskipun berkalori tinggi, kenari masih bisa dikatakan sebagai makanan yang baik bagi penderita DM.

Karena di dalamnya masih terdapat ALA sekaligus serat yang tinggi. ALA sekaligus serat dapat membantu menjaga kestabilan gula darah sekaligus mencegah berbagai macam jenis penyakit berbahaya akibat komplikasi diabetes melitus muncul.

  • Bawang putih

Bawang putih sangat baik dikonsumsi oleh penderita DM karena memiliki kandungan potassium, zinc, dan juga sulfur.

Potassium sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh sedangkan zing dan juga sulfur dapat membantu menjaga gula dalam darah tetap stabil.

Berbagai Jenis Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari Oleh Penderita DM

Bagi penderita diabetes melitus yang tidak ingin mengalami berbagai macam penyakit akibat komplikasi diabetes melitus, maka mereka harus benar-benar menjaga pola makan.

Ada beberapa macam makanan dan juga minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita DM karena makanan dan minuman tersebut berpotensi meningkatkan kemungkinan munculnya komplikasi penyakit.

Berikut adalah beberapa macam makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dimasukkan sebagai menu makanan sehat untuk penderita diabetes:

Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana

Penderita diabetes memang tidak lagi disarankan untuk memakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi, roti, dan juga kentang. Karena makanan tersebut cenderung lebih mudah meningkatkan kadar gula di dalam darah.

Hal tersebut disebabkan karena karbohidrat sederhana lebih cepat dicerna oleh tubuh dan dirubah menjadi energi. Padahal dalam proses pencernaan tersebut, karbohidrat akan dirubah menjadi glukosa sehingga tubuh akan mengalami peluapan kadar glukosa.

Makanan berprotein yang tidak sehat bagi penderita DM

Meskipun tubuh membutuhkan protein, namun sebaiknya sebagai penderita DM anda harus sangat berhati-hati dalam memilih makanan protein.

Karena makanan berprotein tinggi seperti daging babi, daging iga, daging goreng, ikan goreng, dan juga berbagai macam daging yang digoreng adalah menu makanan yang sangat tidak sehat bagi penderita DM.

Menu makanan tersebut selain kaya akan protein juga kaya akan lemak. Oleh sebab itulah, penderita diabetes tidak disarankan untuk menikmati makanan tersebut.

Sayuran yang sebaiknya tidak dikonsumsi penderita DM

Sayuran memang sebenarnya baik dikonsumsi oleh penderita DM. Namun jika sayuran diolah dengan cara yang salah, jelas sayuran bisa membahayakan penderita DM. sebagai contohnya, sayuran yang dimasak menggunakan margarin maupun mentega sudah bukan sayuran yang menyehatkan lagi bagi penderita DM.

Buah berbahaya bagi penderita DM

Sama halnya seperti sayuran, ada beberapa macam jenis buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita DM.

Buah-buahan seperti durian, rambutan, duku, nanas, mangga, pisang, nangka, dan kurma adalah jenis buah berbahaya untuk dimasukkan sebagai menu makanan sehat untuk penderita diabetes melitus.

Makanan berlemak

Makanan berlemak adalah makanan yang jelas sebaiknya harus dihindari oleh penderita diabetes melitus. Karena makanan berlemak akan semakin meningkatkan resiko munculnya penyakit kolesterol.

Minuman yang tidak baik bagi penderita diabetes

Penderita diabetes melitus sebaiknya juga tidak meminum berbagai macam minuman kemasan. Karena minuman kemasan mayoritas memiliki kandungan pengawet sekaligus kandungan pemanis buatan yang sangat berbahaya.

Makanan instan

Makanan intan atau cepat saji juga merupakan jenis makanan yang sebaiknya dijauhi oleh penderita diabetes melitus. Karena makanan instan atau cepat saji biasanya mengandung lemak sekaligus pengawet yang dapat meningkatkan kadar gula di dalam darah.

Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks Bagi Penderita DM

Dikarenakan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti nasi dan juga roti sudah tidak disarankan sebagai makanan sehat untuk penderita diabetes, maka sebaiknya penderita DM mulai beralih untuk memakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.

Berikut adalah beberapa pilihan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang baik mulai anda konsumsi saat ini:

  • Beras merah

Beras merah adalah jenis beras yang pada umumnya banyak digunakan setelah beras putih. Beras merah memiliki kandungan serat dan juga vitamin B yang dapat menjaga kestabilan gula darah sekaligus mencukupi kebutuhan vitamin di dalam tubuh.

  • Beras hitam

Beras hitam sebenarnya merupakan varian beras putih yang pada umumnya kita konsumsi. Namun beras hitam ini melewati proses penggilingan yang jauh lebih sedikit sehingga kandungan nutrisinya masih tergolong lebih banyak dari beras putih.

  • Roti gandum

Roti gandum tidak hanya memiliki kandungan karbohidrat kompleks saja, roti gandum juga memiliki banyak sekali serat.

Dengan memakan roti gandum, penderita DM bisa mencegah meningkatkan kadar gula darah sekaligus mencukupi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh.

Pemanis yang Aman Digunakan Sebagai Pemanis Pada Menu Makanan sehat Untuk Penderita Diabetes Melitus

Penderita penyakit DM memang sebaiknya tidak menggunakan pemanis apapun. Namun demikian jika anda masih belum bisa mengurangi sama sekali konsumsi pemanis, maka mulai sekarang beralihlah untuk menggunakan pemanis alami yang aman digunakan dalam menu makanan sehat untuk penderita diabetes melitus.

Ada 2 macam jenis pemanis yang aman digunakan dalam makanan sehat untuk penderita diabetes. Berikut adalah 2 macam jenis pemanis yang aman digunakan oleh penderita DM tersebut:

1. Gula stevia

Gula stevia memang masih belum begitu populer digunakan di Indonesia. Namun demikian, gula yang terbuat dari pohon stevia ini sudah terbukti tidak mempengaruhi kadar gula di dalam darah.

2. Gula aren

Sudah cukup lama gula aren menjadi gula pengganti. Karena selain memiliki rasa yang manis, gula aren juga sama sekali tidak meningkatkan kadar gula dalam darah.

Setelah mengetahui semua informasi mengenai makanan sehat untuk penderita diabetes tersebut, maka seharusnya anda menjadi lebih mudah menjaga kesehatan tubuh anda bukan?

Leave A Comment...

*