Seperti Apa Menu Bagi Penderita Diabetes yang Dikatakan Sehat?

Menu bagi penderita diabetes sebaiknya tidak dipersiapkan secara asal-asalan. Karena makanan yang dikonsumsi memang sangat mempengaruhi kondisi kesehatan penderita DM sendiri. Jika dipersiapkan secara asal-asalan, ada kemungkinan kondisi kesehatan penderita DM bukannya membaik namun justru semakin memburuk.

Melihat betapa pentingnya pengaturan pola makan tersebut, maka sebaiknya penderita diabetes melitus memahami tentang bagaimana mempersiapkan menu makanan yang sehat. Nah, sudahkah anda memahami bagaimana cara mempersiapkan menu makanan yang sehat? Jika anda belum memahaminya, sebaiknya pelajari caranya di artikel ini.

Cara Menyiapkan Menu Bagi Penderita Diabetes yang Benar

Menu bagi penderita diabetes memang perlu dipersiapkan dengan cara yang benar, namun hal ini bukan berarti mempersiapkan menu makanan penderita diabetes itu ribet. Jika anda sudah memahaminya, sebenarnya mempersiapkan menu makanan untuk penderita DM itu mudah.

Lalu bagaimana cara mempersiapkan menu makan untuk penderita DM yang benar? Berikut ini adalah caranya:

  • Mulailah dari memilih bahan baku yang benar-benar sehat untuk penderita DM. Perbanyak sayuran dan juga bahan baku yang mengandung karbohidrat kompleks.
  • Perhatikan proses memasaknya. Makanan yang akan dikonsumsi penderita DM sebaiknya tidak diproses dengan cara digoreng. Makanan untuk penderita DM sebaiknya diproses dengan cara direbus, dipepes, atau dikukus.
  • Penderita DM juga boleh menikmati cemilan di sela waktu makan utama. Namun ingat, cemilan yang boleh dikonsumsi oleh penderita DM adalah cemilan yang kaya akan serat seperti buah-buahan.

Contoh Menu Makanan yang Tidak Sehat Untuk Penderita DM

Dalam mempersiapkan menu bagi penderita diabetes, anda juga perlu mengetahui apa saja menu makanan yang buruk bagi penderita DM. Berikut ini adalah beberapa contoh makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita diabetes:

  • Makanan yang diolah menggunakan mentega, margarin, mayonnaise, dan minyak babi.
  • Makanan yang diolah menggunakan bahan baku kalengan.
  • Makanan yang menggunakan daging-dagingan berwarna merah.
  • Makanan cepat saji.

Mulai sekarang, sebaiknya hindari makanan-makanan tersebut. Karena meskipun rasanya enak, makanan tersebut dapat meningkatkan resiko penderita DM untuk mengalami komplikasi serius.

Leave A Comment...

*