Apakah Semua Makanan Berlemak Bukan Makanan yang Dianjurkan Untuk Penderita Diabetes?

Apakah makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes harus sama sekali tidak mengandung lemak? Apakah benar lemak sangatlah berbahaya untuk orang yang menderita penyakit diabetes melitus?

Tunggu dulu! Perlu anda ketahui bahwa tidak semua lemak membahayakan kesehatan tubuh. sebenarnya lemak sangatlah bermanfaat bagi tubuh.

Hanya saja memang ada satu jenis lemak yang dapat membahayakan tubuh jika jumlahnya terlalu besar. Sudah tahukah anda mengenai apa saja manfaat dari lemak dan obat tradisional menurunkan gula darah untuk tubuh?

Apakah anda sudah mengetahui juga mengenai jenis lemak yang bermanfaat di dalam tubuh?

Pelajari lebih lanjut mengenai apa jenis lemak dan juga manfaatnya di sini.

Jenis Lemak dan Manfaatnya di Dalam Tubuh

Memang tidak semua makanan yang mengandung lemak merupakan makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes. karena memang ada beberapa macam lemak yang justru dapat membahayakan kesehatan jika tidak dikurangi jumlahnya.

Namun demikian, bukan berarti semua jenis lemak berbahaya. Ada juga lemak yang bermanfaat bagi tubuh seperti trigliserida dan juga kolesterol. Kedua macam lemak tersebut sangatlah bermanfaat. Apa saja manfaatnya? Berikut adalah penjelasannya:

Manfaat trigliserida di dalam tubuh

  • Trigliserida memberikan rasa hangat.
  • Melindungi berbagai macam organ penting di dalam tubuh.
  • Menjadi sumber energi untuk tubuh.

Manfaat kolesterol di dalam tubuh

  • Kolesterol adalah lemak yang menjadi salah satu bahan pembentuk dinding pembuluh darah.
  • Kolesterol juga dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hormon seperti testosteron, estrogen, dan juga kortisol.
  • Kolesterol juga merupakan salah satu bahan baku pembentukan asam empedu yang ada di dalam organ hati.

Itulah 2 macam jenis lemak yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun hati-hati dengan kolesterol. Karena kolesterol terdiri dari 2 macam jenis yaitu kolesterol baik yaitu HDL dan juga kolesterol jahat atau LDL.

Kolesterol jahat atau LDL memang jumlahnya lebih besar daripada kolesterol HDL dan juga trigliserida. Jika rentang jumlah kolesterol LDL dan kolesterol HDL semakin besar, maka kemungkinan besar tubuh akan mengalami berbagai macam masalah serius.

Oleh sebab itulah, beberapa macam makanan berlemak bukanlah makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes. Pengaturan pola makan tersebut memang dilakukan untuk mencegah terjadinya berbagai masalah akibat kadar lemak jahat di dalam tubuh meningkat.

Beragam Lemak Baik di Dalam Makanan yang Dianjurkan Untuk Penderita Diabetes

Sebenarnya ada beberapa jenis lemak baik di dalam makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes. Berikut adalah beberapa jenis lemak baik yang bisa dikonsumsi oleh penderita DM:

  • Monounsaturated fat

Monounsaturated fat ini biasanya terdapat di dalam minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, minyak canola, minyak kacang, kacang tanah, hazelnut, wijen, almond, alpukat, pecan, kacang mete.

  • Polyunsaturated fat

Polyunsaturated fat kebanyakan dimiliki oleh biji bunga matahari, biji labu, minyak kedelai, susu kedelai, kenari, salmon, tuna, makarel, sarden, herring, trout.

  • Omega 3

Omega 3 biasa dimiliki oleh ikan laut seperti salmon, herring, dan juga kembung.

Leave A Comment...

*