Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet dan Penderita Diabetes Melitus

Makanan pengganti nasi untuk diet juga sangat baik digunakan oleh penderita diabetes melitus. mengapa? Karena ternyata, nasi adalah makanan yang sangat berpotensi meningkatkan kadar gula darah. Mengapa nasi beresiko meningkatkan kadar gula darah ketika dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus? Semua dikarenakan kandungan karbohidrat sederhana yang ada di dalam nasi.

Karbohidrat sederhana memang sangat cepat diproses untuk menjadi energi di dalam tubuh. Hal tersebut bukan suatu keunggulan bagi penderita diabetes melitus. Karbohidrat yang terlalu cepat diproses di dalam tubuh justru dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat.

Oleh sebab itu, memang sebaiknya penderita diabetes tidak memakan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti nasi.

Selain nasi, roti juga merupakan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Karena itu, roti bukanlah makanan pengganti nasi yang baik untuk penderita diabetes melitus.

Lalu makanan apa yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus?

Mengapa makanan pengganti nasi untuk diet sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus? Temukan penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Mengapa Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet Juga Baik Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes?

Mungkin anda merasa penasaran mengenai mengapa makanan pengganti nasi untuk diet juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.

Karena makanan yang biasa dipilih untuk program diet adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks memang adalah solusi pengganti nasi atau makanan yang mengandung karbohidrat sederhana bagi penderita diabetes melitus.

Karena makanan berkarbohidrat kompleks lebih jarang menyebabkan kadar gula darah meningkat. Mengapa?

Semua itu disebabkan karena tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk merubah karbohidrat kompleks menjadi energi. Karena itulah, glukosa tidak akan menumpuk di dalam darah dan menyebabkan kadar gula di dalam darah meningkat seperti ketika penderita DM memakan makanan berkarbohidrat sederhana.

Apa saja makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang bisa menjadi pilihan pengganti nasi bagi penderita diabetes melitus? Cek macam makanan yang mengandung karbohidrat kompleks tersebut di artikel ini.

Macam Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks

Ada banyak pilihan cara penyembuhan penyakit diabetes dan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang bisa dijadikan pengganti nasi bagi penderita diabetes melitus.

Inilah macam makanan karbohidrat kompleks tersebut:

  • Beras Merah

Beras merah adalah makanan yang tidak hanya mengandung karbohidrat kompleks saja. Beras merah juga mengandung serat yang sangat baik dalam meningkatkan kepekaan sel-sel di dalam tubuh dalam menerima insulin.

Selain itu, beras merah juga memiliki kandungan protein dan vitamin B yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan protein nabati yang ada di dalam beras merah dapat mencukupi kebutuhan protein hewani yang dibutuhkan oleh tubuh.

  • Beras Hitam

Beras hitam sebenarnya adalah varian beras yang sama dengan beras putih yang biasa kita konsumsi. Namun beras hitam tidak digiling sebanyak beras putih. Oleh karena itu, nutrisi yang ada di dalam beras hitam jauh lebih banyak daripada beras putih.

Beras hitam sangat besar manfaatnya terutama dalam kesehatan tubuh dan juga menjaga agar kadar gula darah tidak melonjak.

  • Beras Cokelat

Beras coklat merupakan varian lain dari beras putih dan juga beras hitam. Yang membedakan beras coklat dengan beras putih dan beras hitam adalah proses penggilingannya.

Oleh karena itu, manfaat dari beras coklat hampir sama dengan manfaat yang dimiliki oleh beras hitam.

  • Roti Gandum

Roti gandum adalah makanan yang juga dapat digunakan sebagai makanan pengganti nasi untuk diet dan juga bagi penderita diabetes melitus.

Karena selain mengandung karbohidrat kompleks, roti gandum juga kaya akan serat dan juga protein nabati.

Serat yang ada di dalam roti gandum dapat membantu meningkatkan kepekaan sel di dalam tubuh dalam menerima insulin. Selain itu, serat tersebut juga dapat membantu membakar lemak yang ada di dalam tubuh.

Sedangkan protein nabati yang ada di dalam roti gandum juga dapat mencukupi protein hewani yang dibutuhkan oleh tubuh.

Leave A Comment...

*