Benarkah Makan Untuk Penderita Diabetes Harus Pilah Pilih?

Tidak jarang orang mengatakan bahwa orang yang menderita penyakit diabetes sangat pilah pilih makanan. Memang benar, penderita diabetes yang taat pasti tidak sembarangan dalam memilih makanan.

Karena kesehatan tubuh kita memang ditentukan dari makanan apa yang sehari-hari kita konsumsi. Jika makanan yang kita konsumsi mengandung zat-zat berbahaya, jelas lambat laun kesehatan tubuh kita akan terganggu.

Nah, apakah anda masih penasaran tentang seperti apa pilah pilih makan untuk penderita diabetes melitus itu? Temukan jawabannya di artikel ini.

Aturan Makan Untuk Penderita Diabetes

Penderita DM yang ingin kembali hidup normal memang sangat diwajibkan untuk mengatur makanannya. Semakin disiplin mereka mengontrol makanan yang dikonsumsi, maka akan semakin baik kesehatan tubuhnya.

Karena itulah, sebenarnya pilah pilih makan untuk penderita diabetes bukanlah hal yang buruk. Justru hal tersebut sangatlah baik. Lalu seperti apa contoh makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus itu? Berikut adalah contoh menu makanan sehat yang cocok untuk penderita DM:

  • Sayuran yang tidak terlalu banyak mengandung karbohidrat dan dimasak dengan cara yang benar.
  • Buah-buahan yang nilai indeks glikemiknya rendah.
  • Ikan tuna, salmon, dan kembung yang merupakan sumber protein terbaik bagi penderita diabetes melitus.
  • Makanan berkarbohidrat kompleks seperti nasi merah, nasi hitam, nasi coklat, dan juga roti gandum.

Perlu diketahui juga, menyiapkan menu makan untuk penderita diabetes tidak hanya selesai sampai di sini. Cara memasaknyapun perlu diperhatikan. Karena semua bahan sehat yang sudah disiapkan dapat berubah menjadi makanan yang berbahaya jika proses memasaknya salah.

Cara Memasak Menu Makan Untuk Penderita Diabetes

Setelah selesai mempelajari bagaimana cara memilih bahan makan untuk penderita diabetes, selanjutnya andapun perlu mempelajari tentang bagaimana cara memasaknya yang benar. Makanan untuk penderita diabetes melitus hanya boleh dimasak dengan cara dikukus, dipepes, dan juga direbus.

Menu makanan untuk penderita DM sangat tidak dianjurkan melalui proses penggorengan. Proses penggorengan dapat merubah bahan makanan yang awalnya sehat menjadi berbahaya. Karena proses penggorengan mengeluarkan zat yang disebut karsinogen. Zat tersebut adalah zat yang dapat memicu perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

Leave A Comment...

*