Apakah Ada Pemanis Makanan yang Cocok Untuk Penderita Diabetes?

Memang benar, ada beberapa obat alami gula darah dan pemanis makanan yang cocok untuk penderita diabetes. Penderita DM sebenarnya masih diperbolehkan menikmati makanan dan juga minuman manis. Namun jelas pemanis yang digunakan harus benar-benar aman. Penderita DM juga harus berhati-hati dalam memilih pemanis makanan maupun minuman. Karena memang mayoritas pemanis dapat memperburuk penyakit diabetes yang anda derita.

Perlu anda ketahui juga bahwa tidak semua pemanis alami baik digunakan oleh penderita DM. Bila memang anda masih belum mengetahui dengan jelas tentang apa saja pemanis makanan yang cocok untuk penderita diabetes, maka kami sarankan anda untuk mempelajarinya lebih lanjut di sini.

Karena di artikel ini, kami akan membahas mengenai apa saja pemanis yang baik dan juga yang buruk bagi anda yang menderita penyakit diabetes melitus.

2 Jenis Pemanis Makanan yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

Tidak sembarang pemanis bisa digunakan oleh penderita diabetes melitus. Karena pemanis memang bisa dikatakan sebagai musuh besar bagi penderita DM.

Hal tersebut disebabkan mayoritas pemanis akan meningkatkan kadar gula darah. Namun sebenarnya, masih ada 2 macam jenis pemanis makanan yang cocok untuk penderita diabetes.

Kedua macam pemanis yang aman digunakan oleh penderita DM tersebut adalah gula stevia dan juga gula aren. Mengapa gula aren dan juga gula stevia aman digunakan oleh diabetesi? Berikut adalah alasannya:

  • Indeks glikemik dari gula aren dan gula stevia sangat rendah.

Setelah diteliti, ternyata indeks glikemik dari gula stevia dan juga gula aren sangatlah rendah. Karena itulah, maka kedua macam gula tersebut dinyatakan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.

  • Tidak menyebabkan gula darah melonjak.

Karena indeks glikemik dari gula aren dan juga gula stevia sangatlah rendah, maka kedua macam gula tersebut tidak beresiko menyebabkan kadar gula darah melonjak tak terkendali.

Namun meskipun memang gula aren dan juga gula stevia sangat aman digunakan oleh penderita DM, bukan berarti anda bebas menggunakannya. Anda tetap harus mengontrol penggunaan dari kedua jenis gula tersebut.

3 Macam Gula yang Sebaiknya Dihindari Penggunaannya Oleh Penderita DM

Untuk menghindari kesalahan penggunaan pemanis oleh anda yang menderita penyakit DM, anda juga perlu mengetahui beberapa jenis gula yang tampak aman namun sebenarnya berbahaya digunakan oleh penderita DM.

Berikut adalah 3 macam gula yang ternyata sangat berbahaya jika digunakan oleh penderita DM:

  • Gula pasir

Gula pasir memang terlihat aman digunakan sebab terbuat dari bahan alami. Namun tahukah anda bahwa gula pasir memiliki nilai indeks glikemik yang sangat tinggi?

Oleh sebab itu, gula pasir sudah tidak disarankan digunakan oleh penderita DM. Karena gula pasir memang beresiko meningkatkan kadar gula darah secara spontan.

  • Madu

Selama ini cukup banyak penderita DM yang menganggap bahwa madu sangatlah aman digunakan sebagai pemanis.

Namun faktanya, madu juga bukanlah pemanis yang aman untuk penderita DM. Semua itu disebabkan maraknya pencampuran madu asli dengan gula pasir dan air.

Jika dalam keadaan murni, madu memang sangat baik bagi penderita DM. Namun jika sudah dicampur dengan gula pasir dan air, jelas madu sudah bukan pemanis yang aman lagi.

  • Gula alkohol

Gula alkohol sering digunakan oleh produsen makanan maupun minuman. Gula alkohol memang tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah ketika dikonsumsi oleh penderita DM.

Namun ternyata, ada efek negatif dari penggunaan gula alkohol pada kesehatan tubuh. penggunaan gula alkohol dapat menyebabkan efek laksatif. Dampak yang dirasakan biasanya seperti sering kentut, perut terasa kembung, dan juga sampai mengalami diare.

Untuk mencegah berbagai macam masalah, sebaiknya mulai sekarang gunakanlah pemanis makanan yang cocok untuk penderita diabetes sesuai dengan takaran. Hindari penggunaan pemanis lain yang berbahaya bagi kesehatan anda.

Leave A Comment...

*