Apa Sebenarnya Penyebab Penyakit Diabetes Tipe 2?

Tahukah anda bahwa ada cukup banyak penyebab penyakit diabetes? Selain itu, setiap jenis penyakit diabetes melitus memiliki faktor penyebab yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, jangan sampai anda menyamakan semua jenis penyakit diabetes melitus.

Sebagai contohnya, banyak sekali orang menganggap bahwa penyakit diabetes melitus biasanya diderita oleh mereka yang memiliki faktor keturunan penderita penyakit tersebut.

Memang benar bahwa mereka yang memiliki faktor keturunan pernah menderita penyakit DM akan lebih beresiko untuk menderita penyakit yang sama. Namun hal tersebut hanya berlaku pada penyakit diabetes melitus tipe 1.

Pada diabetes melitus tipe 2, faktor keturunan sama sekali tidak berlaku. Siapa saja bisa menderita penyakit diabetes melitus tipe 2 tersebut.

 

Karena memang bisa dikatakan penyebab penyakit diabetes tipe 2 tersebut adalah penggunaan pola hidup yang tidak sehat. Siapa saja yang biasa hidup dengan pola yang tidak sehat sangat beresiko menderita penyakit diabetes melitus tipe 2 tersebut.

Masalahnya, sudah tahukah anda mengenai apa saja faktor penyebab penyakit diabetes tipe 2 yang sebenarnya? Bila anda belum mengetahuinya, baca penjelasannya di sini.

Penyebab Penyakit Diabetes Tipe 2 Sesungguhnya

Jika anda ingin mencegah penyakit diabetes melitus menyerang tubuh anda, awali dengan mengetahui apa saja penyebab penyakit diabetes dengan benar.

Untuk anda yang tidak ingin sampai merasakan penderitaan akibat penyakit diabetes melitus tipe 2, maka mulailah waspada dan kurangi beberapa faktor penyebabnya berikut ini:

  • Obesitas atau kelebihan berat badan

Obesitas atau juga sering disebut dengan masalah kelebihan berat badan adalah faktor penyebab penyakit diabetes tipe 2 yang pertama.

Mayoritas penderita DM tipe 2 memiliki masalah kelebihan berat badan. Karena memang kelebihan berat badan akan semakin meningkatkan resiko anda untuk menjadi penderita DM tipe 2.

Ketika di dalam tubuh terdapat penumpukan lemak, maka hal tersebut bisa menyebabkan masalah ketidakseimbangan pada fungsi hormon di dalam tubuh. Jika sampai fungsi hormon terutama hormon insulin terganggu, maka kemungkinan besar anda bisa menderita penyakit DM tipe 2.

  • Sering memakan makanan yang tidak sehat

Kategori makanan yang tidak sehat adalah makanan yang tinggi akan lemak dan juga makanan cepat saji. Jika anda sering memakan makanan seperti itu, maka berhati-hatilah.

Karena makanan tersebut dapat menurunkan kepekaan sel di dalam tubuh dalam menerima insulin. Jika hal tersebut sampai terjadi, maka sudah pasti kadar glukosa di dalam darah akan meningkat dan memicu munculnya penyakit DM tipe 2.

  • Kurang berolahraga

Banyak orang sekarang yang mulai kurang berolahraga. Sebagian mengatakan bahwa mereka tidak memiliki waktu untuk berolahraga dan sebagian lagi memang malas berolahraga.

Padahal, kurang berolahraga dapat meningkatkan resiko anda untuk menjadi penderita penyakit DM tipe 2. Karena ketika tubuh kurang gerak, maka lemak akan mulai menumpuk dan sistem metabolisme tubuh akan mengalami gangguan.

Ketika metabolisme tubuh mulai terganggu, tubuh akan semakin banyak memproduksi hormon insulin. Namun insulin tersebut tidak dapat digunakan dengan optimal di dalam tubuh. Efeknya, kadar glukosa meningkat dan menyebabkan munculnya penyakit DM tipe 2.

Meskipun memang tampaknya penyakit diabetes melitus adalah penyakit yang sulit untuk diatasi, namun jika anda melihat lebih seksama, mencegah penyakit DM tersebut sebenarnya tidaklah sulit terutama untuk DM tipe 2.

Jika anda mengetahui apa saja penyebab penyakit diabetes tersebut dan mulai mengurangi beberapa faktor resikonya dengan pengobatan tradisional penyakit gula kering, maka anda bisa saja terhindar menjadi salah satu penderita penyakit tersebut.

Leave A Comment...

*