Apakah Ada Jenis Diabetes Melitus Selain DM Tipe 1?

Penyakit diabetes melitus memang bukan hanya DM tipe 1 saja. Ada beberapa macam jenis diabetes melitus lain yang juga perlu anda waspadai. Pengobatan DM tipe 1 tidaklah sama dengan pengobatan DM tipe lainnya.

Karena memang jenis penyakit diabetes melitus dibedakan dari beberapa hal seperti apa saja faktor penyebabnya dan juga bagaimana cara mengatasi penyakit tersebut.

Untuk mencegah salah pengertian mengenai berbagai macam jenis penyakit diabetes melitus, sebaiknya anda yang belum paham betul mengenai apa saja jenisnya dapat mempelajarinya lebih lanjut di artikel ini.

3 Macam Jenis Penyakit Diabetes Melitus yang Perlu Anda Ketahui

Penyakit diabetes melitus dibagi menjadi 3 macam jenis menurut penyebab dan juga cara mengatasinya. Ketiga macam jenis penyakit diabetes melitus tersebut adalah penyakit DM tipe 1, penyakit DM tipe 2, dan juga penyakit diabetes melitus gestasional.

Namun sampai saat ini, kebanyakan penderita diabetes melitus lebih banyak menderita penyakit diabetes melitus tipe 2.

Dari hasil penelitian, 90% penderita diabetes melitus mengidap jenis DM tipe 2. Sisanya menderita penyakit diabetes melitus tipe 1 dan juga diabetes melitus gestasional.

 

Seperti Apa Penyakit DM Tipe 1?

Jenis penyakit diabetes melitus yang paling umum diketahui adalah penyakit DM tipe 1. Penyakit diabetes melitus tipe 1 ini terjadi akibat kerusakan pada organ pankreas sehingga hormon insulin tidak lagi dapat diproduksi.

Karena hormon insulin tidak dapat diproduksi lagi, maka kadar gula darah di dalam tubuh cenderung meningkat. Ada beberapa macam faktor yang dapat menyebabkan kerusakan fungsi organ pankreas. Berikut adalah beberapa faktor penyebabnya:

  • Adanya faktor keturunan penderita penyakit diabetes melitus.
  • Mengalami masalah pada sistem imun di dalam tubuh.
  • Organ pankreas mengalami kerusakan akibat serangan virus dan juga malnutrisi.

Dikarenakan organ pankreas sudah tidak dapat lagi memproduksi hormon insulin, maka penderita diabetes melitus tipe 1 harus mendapatkan suntikan insulin setiap harinya.

Suntikan insulin bisa dikatakan sebagai satu-satunya cara pengobatan DM tipe 1 sampai saat ini. Karena menurut penelitian, organ pankreas yang sudah mengalami kerusakan sudah cukup sulit untuk ditangani tapi tidak menutup kemungkinan obat gula darah kering secara alami dapat mengatasi kinerja organ pankreas tersebut.

Lalu siapa saja yang berpotensi menjadi penderita diabetes melitus tipe 1 ini? Penyakit diabetes melitus tipe 1 ini biasa menyerang anak-anak sampai remaja baik pria maupun wanita.

Penyakit DM tipe 1 inipun cukup berbahaya karena mayoritas penderitanya sama sekali tidak merasakan gejala apapun sebelum penyakit bertambah parah.

Seperti Apa Penyakit DM Tipe 2?

Berbeda dengan penyakit diabetes melitus tipe 1 yang muncul akibat kerusakan pada organ pankreas, penyakit DM tipe 2 muncul akibat pola hidup atau gaya hidup tidak sehat.

Mayoritas penderita diabetes melitus tipe 2 adalah orang-orang yang berusia lebih dari 40 tahun. Mereka yang menderita penyakit diabetes melitus tipe 2 memiliki masalah dengan kepekaan sel di dalam tubuh dalam menerima glukosa yang dibawa oleh insulin.

Menurunnya kepekaan sel di dalam tubuh terhadap insulin atau juga sering disebut dengan insulin resistance terjadi karena reseptor sel di dalam tubuh tertutup lemak.

Obesitas juga dikatakan sebagai faktor pemicu munculnya penyakit diabetes melitus tipe 2 ini. Karena memang kelebihan lemak di dalam tubuh akan menurunkan kepekaan sel tubuh dalam menerima glukosa dari insulin.

Penyakit diabetes melitus tipe 2 ini dapat diatasi dengan cara menurunkan berat badan. Dengan berkurangnya lemak di dalam tubuh akan dapat meningkatkan kepekaan sel dalam menerima glukosa kembali.

Selain itu, dokter juga terkadang memberikan obat khusus untuk membantu meningkatkan kepekaan sel di dalam tubuh.

Seperti Apa Penyakit Diabetes Gestasional?

Diabetes gestasional memang tidak sama terkenalnya dengan penyakit DM tipe 1 maupun tipe 2. Penyakit ini biasa diderita oleh wanita yang sedang hamil.

Namun pada umumnya, setelah melahirkan kadar gula darah akan menurun dan penyakit diabetes melitus gestasional akan sangat mudah diatasi.

Itulah semua jenis penyakit diabetes melitus yang perlu anda ketahui. Semoga anda sudah memahami bahwa tidak semua jenis penyakit diabetes melitus dapat diatasi menggunakan cara pengobatan DM tipe 1 yaitu dengan menggunakan suntikan insulin setiap hari.

Leave A Comment...

*