Penyebab Munculnya Luka Pada Penderita Diabetes Terutama di Bagian Kaki

Apakah benar resiko kemunculan luka pada penderita diabetes sangat tinggi? Ya, ternyata ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seorang penderita diabet mengalami masalah luka terutama di bagian kaki. Luka yang dialami oleh seorang penderita diabet tidak dapat diremehkan. Karena luka tersebut dapat mengalami pembusukan yang harus secepatnya diamputasi jika penderita tidak ingin kehilangan nyawa.

Karena itulah sebaiknya sebisa mungkin mencegah munculnya luka pada penderita diabetes. Jika anda adalah seorang penderita diabet dan anda ingin mencegah munculnya masalah luka serius tersebut, maka sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu mengenai apa saja faktor pemicu masalah luka serius tersebut di sini.

 

Faktor-Faktor yang Memicu Masalah Luka Pada Penderita Diabetes

Bagi anda penderita penyakit diabetes melitus yang tidak ingin menambah masalah baru karena luka serius akibat diabetes melitus, maka sebaiknya anda mulai mengurangi beberapa faktor pemicunya berikut ini:

  • Sudah mengalami kerusakan sistem saraf di bagian kaki.
  • Menderita penyakit pembuluh darah di bagian kaki.
  • Sudah pernah menderita luka serius di kaki sebelum menderita penyakit diabet.
  • Memiliki masalah kapalan di kaki.
  • Menderita penyakit gagal ginjal kronis.
  • Tidak membersihkan kaki.
  • Kesulitan mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.
  • Kaki sering mengalami mati rasa.

Sebenarnya luka pada penderita diabetes bisa dicegah jika anda memang bisa mengurangi beberapa faktor tersebut. pastikan untuk selalu membersihkan kaki dan juga menjaga kadar gula darah anda.

Karena memang itulah cara paling mudah untuk mencegah munculnya masalah luka serius terutama di bagian kaki.

Cara Membersihkan Kaki yang Tepat Untuk Mencegah Luka Pada Penderita Diabetes

Mungkin masih ada beberapa dari anda yang belum mengetahui sebenarnya seperti apa cara membersihkan kaki yang paling tepat. Berikut adalah langkah-langkah membersihkan kaki yang tepat untuk mencegah luka pada penderita diabetes:

  • Mulailah membersihkan telapak kaki dengan menggunakan sabun yang cukup lembut. Bilas dengan air setelah selesai disabun. Lakukan hal tersebut secara berulang-ulang sampai kaki benar-benar bersih.
  • Setelah itu, pastikan untuk mengeringkan kaki. Karena kaki yang basah rawan mengalami infeksi terutama di bagian sela-sela jari kaki.

Sebaiknya anda rutin membersihkan kaki setiap hari untuk mencegah munculnya masalah luka serius.

Selain itu, pastikan untuk selalu menggunakan alas kaki. Jangan pernah bertelanjang kaki meskipun di dalam rumah. Karena hal tersebut dapat menyebabkan kaki terluka secara tidak sengaja.

Anda juga perlu berhati-hati ketika memotong kuku kaki. Karena banyak sekali penderita penyakit diabet yang mengalami luka serius karena tidak hati-hati ketika memotong kuku kaki. Bila memang sulit untuk dilakukan sendiri, mintalah bantuan orang lain untuk memotong kuku kaki anda.

Jika anda bisa memperhatikan kebersihan dan juga keamanan kaki anda, maka anda dapat mengurangi cukup banyak resiko mengalami luka pada penderita diabetes di bagian kaki.

Leave A Comment...

*