Mengapa Penyakit Stroke Dinyatakan Sebagai Salah Satu Efek Kencing Manis?

Apakah benar penyakit stroke merupakan salah satu efek kencing manis? Memang masih cukup banyak orang yang meragukan bahwa penyakit stroke juga bisa diderita oleh seseorang yang sudah terlanjur menderita penyakit diabetes melitus. Lalu apa yang menyebabkan seorang penderita penyakit DM bisa menderita penyakit stroke tersebut? Memang jika diperhatikan, mungkin terlihat tidak ada hubungan antara penyakit stroke dengan penyakit diabetes melitus.

Namun sebenarnya, penyakit stroke sangat berkaitan dengan penyakit diabetes melitus. Coba anda perhatikan lebih seksama lagi. Bukankah penyakit stroke biasanya terjadi karena adanya pendarahan pada pembuluh darah otak?

Bukankah penyakit diabetes melitus adalah penyakit yang mampu menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah? Kerusakan pada pembuluh darah yang sudah sangat parah dapat menyebabkan pendarahan

dan hal tersebut bisa saja terjadi pada pembuluh darah otak. Masih belum jelas mengenai mengapa penyakit stroke dikatakan juga sebagai penyakit yang muncul karena efek kencing manis? Pelajari lebih lanjut di sini.

Penjelasan Lengkap Mengapa Efek Kencing Manis Menjadi Pemicu Penyakit Stroke

Anda masih belum jelas mengenai alasan mengapa penyakit stroke muncul sebagai efek kencing manis? Jika memang anda masih belum jelas, maka anda bisa membaca penjelasan lengkap mengenai hal tersebut di sini.

Penyakit diabetes melitus adalah penyakit yang sering menyebabkan rusaknya pembuluh darah di dalam tubuh. Semakin seringnya kadar gula darah meningkat melebihi batas normal, maka semakin cepat pembuluh darah mengalami kerusakan.

Penelitian menemukan bahwa kadar gula darah yang melebihi 200 mg/dl akan meningkatkan kemungkinan rusaknya pembuluh darah sebesar 25%. Kerusakan pembuluh darah biasanya diawali dengan terkikisnya dinding dari pembuluh darah. Pengikisan dinding pembuluh darah akan semakin besar bila di dalam darah terdapat kadar glukosa yang sangat tinggi.

Jika hal tersebut dibiarkan, maka dinding pembuluh darah akan semakin tipis. Dinding pembuluh darah yang tipis akan sangat mudah pecah dan menyebabkan pendarahan. Bila pembuluh darah di otak sampai pecah, maka kemunculan penyakit stroke sudah tidak dapat dihindari lagi.

Karena itulah, penyakit stroke sering sekali muncul sebagai efek kencing manis. Karena memang penyakit diabetes melitus adalah faktor pemicu penyakit stroke nomor 2 setelah penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Adakah Faktor Lain yang Dapat Memicu Penyakit Stroke?

Selain penyakit diabetes melitus dan juga penyakit hipertensi, penyakit stroke juga bisa diderita karena beberapa faktor lain seperti:

  • Memiliki kadar kolesterol LDL yang sangat tinggi di dalam tubuh.
  • Sangat jarang berolahraga dan pola makan tidak sehat.
  • Memiliki kebiasaan buruk seperti merokok.

Bila saat ini anda juga memiliki beberapa faktor resiko tersebut selain menderita penyakit diabetes melitus, maka sebaiknya mulailah kurangi faktor-faktor tersebut dengan cara mengatasi kencing manis secara alami. Karena memang penyakit stroke tidak hanya muncul sebagai efek kencing manis saja.

Leave A Comment...

*