Apakah Tujuan Seorang Penderita DM Melakukan Perawatan Kaki Diabetes?

Sudahkah anda mengetahui sebenarnya apa tujuan seorang penderita penyakit DM melakukan perawatan kaki diabetes? Perawatan kaki secara intensif memang sangat penting dilakukan oleh penderita penyakit diabetes melitus. Semua itu dikarenakan mudahnya seorang penderita penyakit diabetes mengalami luka serius terutama di bagian kaki.

Luka sekecil apapun sudah cukup untuk menyebabkan pembusukan. Karena itu, untuk mencegahnya seorang penderita DM memang wajib melakukan perawatan kaki diabetes.

Anda juga penderita penyakit diabetes? Sudahkah anda mengetahui bagaimana cara merawat kaki yang benar?

Baca di sini jika anda belum memahaminya.

Cara Tepat Melakukan Perawatan Kaki Diabetes

Masih bingung mengenai seperti apa cara tepat melakukan perawatan kaki diabetes untuk mengurangi resiko mengalami luka? Sebenarnya perawatan kaki yang harus dilakukan oleh seorang penderita diabetes tidaklah sulit.

Bagi anda yang saat ini sudah menderita penyakit diabetes dan ingin mengurangi resiko mengalami luka terutama di bagian kaki, maka anda perlu melakukan beberapa perawatan berikut ini:

  • Bersihkan kaki setiap hari

Membersihkan kaki dengan menggunakan sabun lembut harus anda lakukan setiap hari. Karena inilah perawatan kaki paling vital bagi seorang penderita penyakit diabetes melitus.

Ingat, jangan biarkan kaki basah setelah anda membilasnya. Keringkan kaki karena kaki yang basah akan memudahkan munculnya masalah infeksi di sel-sel jari kaki.

  • Selalu gunakan alas kaki

Menggunakan alas kaki wajib dilakukan oleh penderita penyakit diabetes melitus. Hal tersebut harus selalu dilakukan meskipun anda sedang berada di dalam rumah.

Karena memang anda tidak mengetahui bahwa benda tajam sekecil apapun sudah dapat menyebabkan luka di bagian kaki.

  • Berhati-hati ketika memotong kuku kaki

Pastikan untuk tidak terburu-buru ketika memotong kuku kaki. Karena sering sekali orang tidak sengaja melukai kaki ketika memotong kuku kaki.

Hal tersebut sudah cukup untuk memicu masalah pembusukan bagi seorang penderita penyakit diabetes. Oleh sebab itu, bila memang anda kesulitan memotong kuku kaki anda sendiri, lebih baik minta tolong orang lain untuk memotongnya.

Pencegahan Masalah Luka Serius Lain Bagi Penderita Penyakit Diabetes

Selain rutin melakukan perawatan kaki diabetes, sebaiknya anda juga mulai melakukan beberapa hal ini untuk mencegah terjadinya masalah luka serius khususnya di bagian kaki:

  • Jaga agar jangan sampai kadar gula darah anda sering meningkat

Peningkatan kadar gula darah adalah salah satu masalah serius yang akan semakin memperparah luka terutama di bagian kaki.

Oleh sebab itu, sebaiknya mulai dari sekarang kontrol kadar gula darah anda. Pastikan agar jangan sampai kadar gula darah anda sering meningkat.

  • Atur pola makan anda

Mengatur pola makan tidak hanya membantu menjaga kadar gula darah anda tetap stabil. Namun hal inipun dapat menjauhkan anda dari masalah luka serius pada bagian kaki.

Karena dengan memakan makanan tertentu, anda bisa menjaga kesehatan kulit sehingga kulit anda tidak mudah mengalami luka serius. Segera atasi dengan obat untuk penyakit gula darah kering jika kondisi tubuh makin parah.

Leave A Comment...

*