Apa Saja Sebenarnya Faktor Resiko Diabetes Melitus Itu?

Jika anda tidak ingin menderita penyakit diabetes melitus, maka mulailah dengan mengurangi berbagai macam faktor resiko diabetes melitus.

Sebenarnya, setiap orang memiliki potensi untuk menjadi penderita diabetes melitus. Namun demikian, antara satu orang dengan yang lain tentu memiliki potensi untuk menderita penyakit diabetes melitus yang tidak sama.

Ada orang yang sangat berpotensi untuk menjadi penderita diabetes melitus dan ada juga orang yang memiliki potensi yang cukup kecil untuk menderita penyakit berbahaya tersebut.

Besar kecilnya potensi untuk menderita penyakit diabetes melitus tersebut dipengaruhi dengan banyaknya faktor resiko diabetes melitus yang anda miliki.

Bagi anda yang masih belum mengetahui tentang apa saja faktor-faktor yang dapat meningkatkan potensi anda untuk menjadi salah seorang penderita DM, anda bisa mempelajarinya di artikel ini.

Siapa yang Paling Rawan Menderita Penyakit Diabetes Melitus Jika Dilihat dari Faktor Resiko Diabetes Melitus

Untuk memastikan apakah anda adalah salah seorang yang rawan menderita penyakit diabetes melitus, anda perlu memperhatikan beberapa faktor resiko diabetes melitus berikut ini:

  • Gaya hidup tidak sehat

Anda yang selama ini hidup menggunakan gaya hidup yang buruk jelas sangat berpotensi menderita penyakit diabetes melitus.

Yang dimaksud dengan gaya hidup yang buruk adalah terlalu sering menikmati makanan yang mengandung lemak jenuh dan juga makanan yang mengandung MSG.

Selain itu, anda yang jarang berolahraga juga sangat berpotensi menderita penyakit diabetes melitus. Parahnya, bahkan anda bisa saja menderita komplikasi penyakit.

  • Pola tidur sangat tidak teratur

Pola tidur yang tidak teratur juga menjadi salah satu faktor pemicu penyakit diabetes melitus. Karena kurang tidur dapat menyebabkan beberapa macam organ penting di dalam tubuh anda mengalami kerusakan atau minimal penurunan fungsi.

Jika masalah tersebut terjadi pada organ pankreas, maka anda sudah pasti akan sangat beresiko menderita penyakit diabetes melitus.

  • Metabolik sindrom

Metabolik sindrom adalah kondisi khusus yang ditunjukkan dengan keadaan seperti:

  • Memiliki tekanan darah lebih dari 160/90 mmHG.
  • Trigliserida lebih dari 150 mg/dl.
  • Kolesterol HDL kurang dari 40 mg/dl.
  • Lingkar pinggang lebih dari 120 cm untuk pria dan lebih dari 88 cm untuk wanita.
  • Menderita penyakit yang dapat memicu penyakit DM

Beberapa penyakit seperti penyakit darah tinggi, penyakit kolesterol, dan juga penyakit jantung adalah penyakit yang dapat memicu penyakit diabetes melitus.

Bagi anda yang saat ini sudah menderita penyakit tersebut, sebaiknya anda lebih berhati-hati dan jagalah selalu kesehatan tubuh anda.

  • Faktor usia

Anda yang berusia lebih dari 40 tahun juga harus lebih waspada terutama jika anda terbiasa hidup dengan pola yang tidak sehat. Karena mayoritas penderita diabetes melitus tipe 2 adalah orang-orang yang berumur lebih dari 40 tahun.

  • Pernah menderita penyakit diabetes gestasional

Jika anda pernah menderita penyakit diabetes gestasional saat hamil, maka andapun sangat beresiko menderita penyakit diabetes melitus tipe 2.

  • Faktor genetik

Bagi anda yang memiliki riwayat leluhur yang menderita penyakit diabetes melitus, maka anda juga beresiko menderita penyakit diabetes melitus khususnya diabetes melitus tipe 1.

  • Faktor ras

Ras juga menjadi faktor resiko diabetes melitus yang tidak boleh diremehkan. Beberapa ras seperti Afrika, Asia, Hispanik, dan beberapa orang yang tinggal di kepulauan pasifik dinyatakan lebih rawan menderita penyakit diabetes melitus.

Apakah Orang Indonesia Juga Berpotensi Menderita Penyakit Diabetes Melitus?

Karena orang Indonesia termasuk sebagai ras Asia, maka penduduk Indonesia juga sangat beresiko menderita penyakit diabetes melitus. Apalagi jika anda memiliki cukup banyak faktor resiko seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Apa yang Harus Anda Lakukan Untuk Mengurangi Resiko Penyakit Diabetes Melitus?

Untuk anda yang memang merasa sangat beresiko menderita penyakit diabetes melitus melihat dari beberapa faktor resiko diabetes melitus yang sudah dijelaskan sebelumnya, maka mulai sekarang sebaiknya anda harus mengurangi beberapa faktor resiko tersebut dengan mengubah gaya hidup yang buruk atau dengan obat tradisional penyakit gula basah.

Memang ada beberapa faktor yang tidak bisa kita kurangi karena termasuk sebagai faktor di luar kendali kita. Namun masih ada cukup banyak faktor resiko diabetes melitus yang bisa kita kendalikan seperti kurang olahraga, pola tidur yang tidak teratur, pola makan, dan jarang berolahraga.

Mulai sekarang, sebaiknya ubah pola hidup anda dengan pola hidup yang sehat. Karena dengan menggunakan pola hidup yang sehat, resiko untuk menderita penyakit diabetes melitus bisa diperkecil.

Leave A Comment...

*